Sabtu, 29 Oktober 2011

Sowan ke Sanak Saudara di Kebun Binatang Bandung ^_-

Eh ketemu lagi..hehehehehehe..
Sekarang mau cerita soal perjalananq ke Kebun Binatang Bandung, kali ini ditemenin sama adikq (kebetulan adikq lagi libur kuliahnya)..Karena rutenya sama kayak waktu ke ITB jadi aq dah ga bingung soal kendaraannya, bedanya cuma satu, hari itu hujan turun rintik2, jadi perjalanan dari gerbang ITB belakang ke Kebun Binatang Bandung ya rada basah2an gitu..hehehehehe


Sampai di Loket Kebun Binatang Bandung..terperangah dengan harga tiket masuknya, masuk kebun binatang aja bayar Rp. 15.000, ga kurang mahal ya segitu?, seingetq Kebun Binatang Surabaya cuma Rp. 10.000 deh tiket masuknya..tapi kayaknya perbedaan harga segitu emang keliatan bedanya sih, KBB lokasinya lebih bersih dan tidak bau dibanding KBS..hehehehe, jadi g terlalu rugi lah ngluarin duit segitu buat sowan ke saudara2 di KBB..hehehehehe


Di KBB rutenya bebas, terserah mau kemana, tinggal pilih sesuka hati..mau ngikutin jalan setapak maju ke depan atau jalan setapak samping, atau jalan setapak belakang, semua rute pasti nanti bisa ngiderin KBB semuanya..


Klo aq sama adikq pilih jalan setapak maju ke depan, jadi yang pertama dilihat para hewan reptil, ada buaya, ular, kura2, iguana, komodo..Trus yang kedua masuk ke arena para burung, banyak banget burung2 kereeeennnn..


Perjalanan ngiderin KBB sangat melelahkan, padahal itu belum semua area, kayak ndaki gunung, jalannya banyak yang nanjak..


Rehat bentar di sebelah kandang burung, makan roti, buat ngisi tenaga untuk nglanjutin rute berikutnya..hehehehe








Habis makan roti, qta lihat ada wahana sepeda air, wah asyiiikkkk, aq sama adikq paling seneng tuw sepeda air..hehehehe


Alhasil turunlah qta ke area wahana sepeda air, tau ga per orang bayar 5.000 untuk satu kali putaran (putarannya deket banget, kurang jauh rutenya), jadi klo 2 orang ya kluar duit 10.000 deh..hadeeehhhh...


Tapi ga pa pa deh, yang penting hepi..hehehehe..


Kelar main sepeda air, qta nyari kandang2 hewan gede2, masa' dari tadi cuma nemuin burung sama reptil, aq kan pengen lihat singa, harimau, simpanse, gajah, dan sebangsanya gitu..


Keluar dari arena sepeda air, aq lihat ada kandang harimau, langsung deh aq samperin kandang harimaunya..Kandang harimau terbuka..keren..aq lihat dari atas, harimaunya dibawah, tanpa ditutup kaca kayak biasanya..kereeennnn..hehehehehe..


Habis itu ketemu sama para Unta, kuda, banteng, rusa, kijang, gajah..hehehehehe, akhirnya ketemu juga sama hewan2 besar..tapi aq kok ga nemu para primata ya?, cuma nemu 1 kandang, dan itu bukan jenis yang aq pengen lihat..Nyari kemana2 juga ga nemu, saking luasnya KBB nih..


Setelah ketemu para binatang besar itu, kakiq dah gemeteran..hehehehe..kecapekan maksutnya..akhirnya cari rute keluar deh..
Perjalanan rute keluar, ketemu sama para beruang..Trus ketemu lagi sama harimau, dan sang raja hutan..tapi sayang ada di dalam kandang kaca jadi ga bisa dapat foto yang bagus..hiks hiks hiks..padahal itu hewan favoritquw..


Akhirnya bertemulah kami dengan pintu keluar..dan bertepatan dengan keributan dalam perut (lapaaarrrrr)..hehehehehehe


Banyak warung depan ITB, jadi bingung milihnya..hehehehe..Akhirnya adikq milih menu Mie Ayam, ya udah ngikut aja deh..


Pesan Mie Ayam sama Es Campur, wah pasti mantap nih..daaaannnn akhirnya pesanan tiba..hmmmm tampang mie ayamnya sangat meyakinkan, coba qta rasakan...mmmhhh rasanya sih ga semeyakinkan wujudnya..hehehehehe, tapi ga masalah, yang penting kenyang..Es Campurnya justru penampilannya yang kurang meyakinkan, rasanya pun biasa aja, hehehehehe..yah tapi cukup membuat seger tenggorokanquw..hehehehehe..


Perut dah kenyang, kaki dah ga kuat lagi buat jalan, mata dah ngantuk, pengen cepet pulang, merebahkan diri diatas kasur..wah nyamannyaaaaa...Duit quw serahkan ke adikq buat bayar makanan, perkiraanq sih habis 24 ribu, ga taunya waktu adikq tanya ke yang jualan, total yang harus dibayar Rp. 45 ribu, gila ga?cuma makan mie ayam sama es campur (total 4 porsi) harus bayar 45ribu?busyeeetttt, nie orang apa ga sadar ya klo mie ayamnya tuw biasa aja, es campurnya juga, tapi kok tagihannya kayak makan di Solaria..Ya Allah, duit 50ribu terakhirquw harus melayang..hiks hiks hiks..ntar ongkos pulang pake duit apa nih?


Keluar dari warung, jalan dengan lunglai, bingung ongkos pulang, aq cari2 duit di tas, mungkin ada recehan, alhamdulillah ketemu duit 6rb, lumayan bisa buat naik angkot sampe' Taman Lansia...Untungnya adikq masih ada duit, cukup buat naik Damri sampe Jatinangor...alhamdulillah..


Sampe Taman Lansia masih harus nunggu Damri agak lama, kondisiq dah ngantuk banget..
Akhirnya Damri muncul setelah nunggu sekitar 15 menitan, langsung deh PELOR..(nempel molor)..hehehehehe..nyenyak banget tidurquw di bis..alhamdulillah..^_^


Mmmhhh..cerita di BonBinnya cukup sekian..
Qta bertemu lagi di petualanganquw berikutnya, dengan kisah yang ga kalah menariknya..hehehehehe


Ja Ne Minna..^_^



Kamis, 27 Oktober 2011

Perjalanan menghadiri Job Vaganza Fiesta

Waaaaaaaaaaa..dah lama ga nongol di blog kesayanganq, lagi tenggelam dalam game online..hehehehehehe
tapi sekarang aq muncul lagi kok, untuk update petualanganq kemarin Sabtu, 23 Oktober 2011 (maaf cuma 1 hari hadir di Job Vaganza, itupun cuma 2 jam, hari minggunya males berangkat, hehehehehe), tapi ga masalah, meskipun cuma sehari, yang penting kan asyik..^_^

Acara Job Vaganza Fiesta hari sabtu itu dimulai dari jam 09.00-21.00 WIB, jadi aq berangkat dari kos2an, dari shelter damri UNPAD Jatinangor naik Damri jurusan Jatinangor-Dipati Ukur (pertama kalinya naik Damri jurusan ini, jadi rada bego gitu, takut nyasar..hehehehe)

Rute yang dilewati Damri ini (klo ga salah inget nih ya) Jatinagor - Tol Purbaleunyi - Jl. M. Toha - Jl. BKR - Jl. Pelajar Pejuang - Jl. WR. Supratman - Jl. Diponegoro - Jl. Dipati Ukur..Selama perjalanan itu aq ngelewati tempat2 yang harus masuk daftar untuk dikunjungi dan diulas di blog ini selanjutnya, Taman Lanjut Usia (Taman Lansia), Museum Geologi, Gedung Sate, Dago, UNPAD Dipati Ukur, ITB, Kebun Binatang Bandung..hehehehehehe

Trotoar Rindang
Gerbang Utama ITB
Turun di depan UNPAD Dipati Ukur, menurut Google Maps, dari sini tinggal jalan aja 15 menit ke ITB Jl. Ganeca, daripada nyasar aq naik aja angkot yang lagi ngetem disitu, aq tanya k sopirnya lewat ITB ga?dan dijawab iya, siiip, ga bakal nyasar deh klo gini..Sama pak sopir aq diturunin di bunderan pertigaan gitu, trus disuruh jalan ke arah selatan, quw lihat ternyata emang ada banyak warung2 dan tempat fotocopy berjejeran, tanda2 markasnya para mahasiswa, aq jalan sesuai petunjuk pak sopir, tapi kok ga ketemu sama gerbang depannya sih, ini kan gerbang belakang, akhirnya kuputuskan untuk cari gerbang depannya dimana dengan mengelilingi tembok ITB ke arah selatan yang ternyata panjangnya ga ketulungan (ITB gede banget ya..), trotoar yang aq lewatin sepanjang tembok ITB itu asyik banget suasananya, rindang, adem, banyak daun berguguran, jadi berasa jalan2 waktu musim gugur..hehehehe..ITB ada di sebelah kiri jalan yang aq lewati, disebelah kanannya aq nemuin pintu masuk Kebun Binatang Bandung, wah asyik ya capek kuliah bisa sowan ke saudara2 di BonBin..hehehehehe..Keluar dari jalan panjang yang rindang itu ada kereta kuda (delman) dan angkot2 yang ngetem di depan pintu masuk utama Kebun Binatang Bandung + di depan gerbang ITB (nie dia yang aq cari), ternyata aq dah sampe di Jl. Ganeca, tapi kok ga ada banner2 acara Job Vaganza Fiesta sich, brarti acaranya bukan di gerbang ini, dan kayaknya ini bukan gerbang utama deh..Akhirnya aq lanjut jalan ke arah timur dari Jl. Ganeca itu, dan akhirnya aq temukan spanduk dan banner acara Job Vaganza Fiesta, dan quw lihat gerbang utama Institut Teknologi Bandung, bagus banget gerbangnya, penuh dengan bunga, kesannya jadi bikin kampus ITB itu bukan kampus maskulin, beda banget sama ITS di Surabaya..Aq tanya sama Satpam dimana lokasi acara Job Vaganza Fiesta, ditunjukkan deh tempat yang banyak booth2 yang rame pengunjung..akhirnya sampe juga..hehehehehe..alhamdulillah..



Aq hampiri kerumunan orang2 itu, wah banyak lowongan pekerjaan yang ditawarkan, dari Trans Studio, Mega Finance, Trans TV, Trans 7, Bank Mega Syariah, Detik.com, dan masih banyak lagi..Juga ada booth Casting & Talent Scouting untuk acara Jika Aku Menjadi, Jelajah, juga presenter berita..Ada Workshop dan Seminar, Music Performance, dan pertunjukan dari tim mahasiswa ITB tentunya..


Tapiiiiii, berhubung aq nongol disana cuma dari jam 12.30 - 13.30, jadinya ga bisa nonton Music Performance + pertunjukan dari mahasiswa ITB..Hari Minggunya juga ga datang soalnya mendung, jadi males berangkatnya deh..hehehehe


Aq hampiri satu persatu booth Open Recruitment, quw lihat satu2 Lowongan yang disediakan masing2 booth, sayangnya cuma 1 yang sesuai kualifikasi quw HUMAN RESOURCES & GENERAL AFFAIR di Trans Studio Bandung, wah mantab tuh, jadi quw tulis kualifikasi + alamat emailnya, ntar sampe kosan langsung deh quw kirim CVq ke Trans Studio Bandung..mudah2an aq dipanggil untuk interview..amiiinnn...

Setelah ngider di booth Open Recruitment, quw hampiri tenda tempat Seminar & Workshop, wuih full penonton, smpe meluber keluar tenda, ada yg berdiri, ada yang duduk di taman, macem2 deh, pada pengen ndengerin penjelasan pembicara (aq g tau sapa yang jadi pembicaranya..hehehehe) soal suksesnya industri pertelevisian di Indonesia..Males ndengerin, ga ada tempat duduk soalnya, jadi cuma jepret2 aja buat dokumentasi..

Ke sebelah kanan tenda Seminar & Workshop, ada kerumunan lumayan banyak di tenda Casting & Talent Scouting buat acara Jika Aku Menjadi, di sebelahnya ada tenda lagi sih, tapi g keliatan judulnya, hehehehehe..di depan tenda casting ada panggung dengan segala ornamen adat bali, ini untuk acara pertunjukan mahasiswa ITB, trus sebelahnya lagi ada panggung untuk Music Performance, smuanya ini acaranya mulai malam, berhubung aq ga sampe malam jadi ga ada dokumentasinya..

Setelah puas jepret2, akhirnya diriq kelaparan juga, jalan k arah kebun binatang, banyak warung bertengger disana, akhirnya quw pilih warung yang jualan Lontong Kari + Bubur Ayam, diseblahnya ada orang jualan minuman diingin, aq beli Fruit Tea Strawberry, quw pesan Lontong Kari 1 porsi, lumayan buat nyumpel perut yang lagi rame teriak2..hehehehehehe...
Lontong Kari

Quw nikmati makan siangq itu, rasanya kayak nasi opor di Surabaya, cuma di Bandung makannya pake lontong, bedanya itu aja sih..Makananq habis, teriakan di perutq berkurang, tandanya siap untuk perjalanan pulang, quw bayar tuw makananq, quw pikir cuma Rp. 6.000 (standart di Surabaya segitu kalo menu ayam, malah ada yang cuma Rp. 4.000), tapi yang bikin aq terkejut ternyata harganya Rp. 9.000, bujubune mahal amat, padahal 1 porsinya ga banyak, ayamnya juga cuma satu potong paha, klo tiap hari makan kayak gini dengan harga selangit ya bangkrut aq, tapi makanan terlanjur dicerna, terpaksalah aq membayar dengan sedikit tidak rela..hehehehehe

Parkir Belakang KBB
Perjalanan pulang dimulai, rencananya mau naik angkot, tapi berhubung duit masuk kantong pedagang Lontong Kari, ya udah deh diputuskan jalan kaki dari ITB ke UNPAD Dipati Ukur, tadi sih waktu naik angkot kerasa dekat, paling klo jalan ga selisih jauh, tapi perjalanan berhenti sebentar di mushola parkir belakan kebun binatang, mau menghadap Sang Khalik dulu, biar perjalanan pulang lancar..hehehehe..Suasana parkir belakang itu enak banget, rindang, rasanya bikin ngantuk klo lama2 di situ..hehehehehe

Sudah beres semua, mari qta lanjutkan perjalanannya..Lanjut deh jalan kaki ke UNPAD Dipati Ukur, 10 menit pertama quw lalui dengan semangat 45, jalan jauh kayak gini dah biasa, selanjutnya semangatq semakin menurun..lha kok jauh amat ya?tadi naik angkot ga berasa banget jauhnya (aduh mala ya iyalah naik angkot kamu bandingin sama jalan kaki..cape' deh..ckckckckckck)..akhirnya sampe di Jl. Ir. Juanda, wah bentar lagi Jl. Dipati Ukur nih, akhirnya semangatq kembali lagi, soalnya bentar lagi sampe', daaaaaaannnn akhirnya masuklah aq di wilayah Jl. Dipati Ukur, yang artinya UNPAD akan segera nongol di ujung jalan ini...Tapiiiiiiiiii ternyata Jl. Dipati Ukur ini panjaaaaaannnnggg bangeeeeettttt..kok g kliatan ujungnya sih..semangatq kendor lagi deh..dengan lunglai aq berjalan mencari ujung yang ga keliatan...hmmmmm dengan sabar aq melangkah (keadaan kaki nih dah cenat cenut lhoooo), akhirnya..eng ing eng..terlihatlah kampus UNPAD Dipati Ukur..alhamdulillah..di sebrang kampus ada Damri yang ngetem, itulah yang aq cari..hehehehehe...Langsung diriq naik bis, dan aq duduk lalu kuselonjorkan kakiq yang cenat cenut ini..capeknyaaaaaaaaa...

Dan selama perjalanan kembali ke Jatinangor..diriquw tertidur dengan nyenyaknya di bis..hehehehehe

Ok sekian ceritanya, ntar qta lanjutkan pengalaman2 seru berikutnya..ditunggu yaaaaaa..hehehehehe

Selasa, 18 Oktober 2011

K E R I P I K..????


Lho ngapain nih topiknya soal camilan 1000 umat?hehehehehe..habisnya sekarang kan lagi heboh tuw yang namanya Keripik Maicih, trus juga ada Keripik Brewok, slain itu ada juga keripik2 yang lainnya..

Temen2 jangan asal makan aja, qta cari tau juga sebenernya keripik itu sejarahnya gimana?

Ok, mulai yuk belajarnya..

Keripik atau kripik adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan atau sayuran yang digoreng di dalam minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu. Secara umum keripik dibuat melalui tahap penggorengan, tetapi ada pula dengan hanya melalui penjemuran, atau pengeringan. Keripik dapat berasa dominan asinpedasmanisasamgurih, atau paduan dari kesemuanya.


Sistem penggorengan Keripik ada 2 macam, yaitu :
1. Penggorengan Manual - Keripik yang digoreng menggunakan kuali atau wajan, diantaranya adalah :


2. Penggorengan Vakum - Keripik yang digoreng menggunakan mesin Vacuum Fryer, diantaranya adalah :



Antara Keripik, Kerupuk dan Rempeyek

PengolahanKeripikKerupukRempeyek
Dengan tepungYa dan tidakTidakYa
Isi olahanIrisan tipis bahantidak adaBiji-bijian, ikan teri, udang
Cara PenggorenganManual dan Vacuum FryerManualManual
Penjemuran bahanTidakYaTidak
Rasa bakuasin, gurihasin, gurihasin, gurih


Itu tadi garis besarnya Keripik..sekarang qta ulas KERIPIK MAICIH yang fenomenal itu..Ceki Dot..

Keripik Maicih adalah keripik pedas paling fenomenal di masa kini, dengan aroma rempah, gurih, dan membuat lidah kita bergoyang dgn ritme yg sungguh menakjubkan...
semua kalangan pun telah bnyk yg mencoba rasa yg begitu spektakulerDi kalangan anak muda dan dewasa muda di Bandung, Maicih bak tren gaya hidup masa kini. Boleh dibilang, anak gaul Bandung belum lengkap kalau belum tahu Maicih.
Di situs jejaring sosial Facebook dan Twitter ga ada habisnya ngebahas MAICIH ini dan para timbul penggemar produk MAICIH ini yang menyebut dirinya Icihers.
Di social media Twitter sekarang muncullah akun² seperti @infomaicih @maicihsuper dll..
Menurut Sang Presiden (Owner) - Reza Nurhilman a.k.a Axl bahwa Maicih ini sedang merebak di dunia perkulineran khususnya untuk camilan dan sudah menjangkau kota-kota diluar Bandung (kota asal MAICIH)
Sang Presiden juga gak hanya ingin membuat MAICIH jadi makanan khas Bandung tapi bisa menjadi ikon kripik pedas (kripik setan). Dan beliau mengatakan bahwa MAICIH bukanlah keripik setan pertama tapi beliau berharap bahwa MAICIH bukan menjadi sekedar oleh-oleh tapi juga menjadikan kebutuhan.

Keripik Maicih atau yang disebut juga sebagai 'Keripik Setan' adalah salah satu ikon makanan yang saat ini sedang digandrungi di kota Bandung. Sebenarnya keberadaan Keripik Maicih bukanlah tergolong baru. Seperti penuturan sosok dibalik kesuksesan Maicih, Reza Nurhilman atau yang akrab disapa Axl, awal dia menemukan resep keripik pedas berbahan dasar singkong ini bermula dari petemuannya dengan seorang nenek 3 tahun silam.


Meski resep keripik Maicih sudah didapatkan Axl semenjak tiga tahun lalu. Namun awal kejayaan Maicih sendiri mulai pada bulan Juli 2010 lalu.


Semenjak diproduksi, Keripik Maicih sendiri dibuat dalam 5 level rasa. Hal ini sengaja dimunculkan karena ingin mengetes selera pasar.Menurut Axl, produk keripiknya yang banyak laku adalah level 3 dan 5. Oleh karena itu saat ini dipasaran produk Maicih yang beredar cuma 2 level yang laris manis tersebut. Adapun produk level 3 ditandai dengan logo yang berwarna abu-abu. Sementara kripik level 5 ditandai dengan logo warna merah. Arti level 3 menandakan rasa pedas biasa, sementara yang level 5 menandakan rasa yang sangat pedas sekali.Dari segi harga Maicih sendiri dibandrol Rp10 ribu. Namun karena ada kenaikan harga cabai, akhirnya harga Maicih dinaikkan menjadi Rp11 ribu.Bagi anda yang tinggal di kota Bandung dan ingin membeli produk Keripik Maicih langsung di Gerai reseminya, maka anda bisa langsung datang ke Jl. Raden Patah No. 12 Bandung. Untuk pemesanan secara online, maka anda juga bisa mencari informasinya melalui facebook dan twitter dan juga forum kaskus.


Eh, Aq kan di bandung ya..tapi lum pernah makan kripik Maicih..hehehehehe..dah takut sama pedesnya sih..
Nah itu tadi sekilas soal Keripik secara umum dan Keripik Maicih yang fenomenal..yang doyan pedes buruan beli deh Keripik Maicih nya..^_^

Minggu, 16 Oktober 2011

My Favorite Song - 1

Bad Day
by : Daniel Powter

Where is the moment we needed the most
You kick up the leaves and the magic is lost
They tell me your blue skies fade to gray
They tell me your passion's gone away
And I don't need no carryin' on

You stand in the line just to hit a new low
You're faking a smile with the coffee you go
You tell me your life's been way off line
You're falling to pieces every time
And I don't need no carryin' on

Because you had a bad day
You're taking one down
You sing a sad song just to turn it around
You say you don't know
You tell me don't lie
You work at a smile and you go for a ride
You had a bad day
The camera don't lie
You're coming back down and you really don't mind
You had a bad day
You had a bad day

Will you need a blue sky holiday?
The point is they laugh at what you say
And I don't need no carryin' on

You had a bad day
You're taking one down
You sing a sad song just to turn it around
You say you don't know
You tell me don't lie
You work at a smile and you go for a ride
You had a bad day
The camera don't lie
You're coming back down and you really don't mind
You had a bad day

(Oooh.. a holiday..)

Sometimes the system goes on the blink
And the whole thing turns out wrong
You might not make it back and you know
That you could be well oh that strong
And I'm not wrong

(yeah...)

So where is the passion when you need it the most
Oh you and I
You kick up the leaves and the magic is lost

Cause you had a bad day
You're taking one down
You sing a sad song just to turn it around
You say you don't know
You tell me don't lie
You work at a smile and you go for a ride
You had a bad day
You've seen what you like
And how does it feel for one more time
You had a bad day
You had a bad day

video

Jumat, 14 Oktober 2011

Acara Tahunan di Jepang

Klo qta baca manga, pasti banyak nemuin hari-hari libur atau perayaan yang ga ada di negara qta Indonesia..dan pastinya bikin penasaran, sebenernya apa aja sih hari-hari besar di Jepang..yuk qta ulas disini..

JANUARI

  • Tanggal 1 --> Tahun Baru (Oshugatsu)
    Perayaan dimulainya tahun yang baru. Orang-orang pergi ke kuil Shinto dan Budha demi keselamatan dan kebahagiaan mereka di tahun berikutnya. Kartu pos tahun baru (Nengajou) diterima pada tanggal 1 Januari, dirayakan dari tanggal 1-3 Januari. Makanan khas yang disajikan pada tahun baru disebut Osechi Ryori.
  • Tanggal 7 --> Nana Kusa Gayu (Bubur 7 rumput)
    Pada 7 Januari ada kebiasaan makan bubur yang dibuat dari “Haru no Nana Kusa” (7 rumput musim semi) misalnya Seri (seledri), Suzushiro (lobak), dll.
    Karena menurut cerita kalau makan bubur pada hari ini bisa dijauhkan dari bermacam-macam penyakit.
  • Tanggal 11 --> Kagami-biraki
    “Kagami Biraki” adalah acara makan mochi yang diturunkan dari hiasan toko no ma (ruangan yang terdapat di dinding sebagai tempat meletakkan Ikebana dll) pada tanggal 11 Januari.
    Karena “Kagami-mochi” merupakan benda pembawa keberuntungan, maka tidak boleh dibelah dengan pisau, melainkan dibelah dengan tangan atau palu kayu.
  • Hari Senin Minggu ke 2 --> Seijin-shiki (Hari Kedewasaan/ Coming Age)
    Upacara khusus di seluruh Jepang bagi orang-orang yang mencapai usia 20 tahun, untuk menegaskan bahwa mereka telah menjadi dewasa dan mendorong mereka untuk bersikap mandiri.


FEBRUARI
  • Tanggal 3 atau 4 --> Setsubun
    “Setsubun” sebenarnya berarti pembatas musim, tapi saat ini khususnya kira-kira tanggal 3 Februari sebelum mulainya musim semi saja yang disebut “setsubun” (berdasarkan kalender kuno Jepang)
    Saat sore pada hari ini, orang-orang meneriakkan “Oni wa soto! Fuku wa uchi! (Nasib buruk/ setan di luar! Nasib baik di dalam!)” sambil menebar kedelai yang disangrai.
    Ada juga kebiasaan makan kedelai sejumlah umur orang yang memakannya, untuk mendoakan kesehatan di tahun ini.
  • Tanggal 11 --> Hari pembentukan negara
    Memperingati pembentukan negara dan bertujuan untuk membina rasa cinta rakyat terhadap negaranya.
MARET
  • Tanggal 3 --> Hinamatsuri (Festival Boneka atau Festival Anak Perempuan)
    “Hinamatsuri” adalah acara permohonan untuk pertumbuhan dan keselamatan anak perempuan.  Banyak keluarga yang mempunyai gadis cilik memajang rak boneka yangmenampilkan seperangkat boneka yang berkostum ala bangsawan kuno Hinaningyou), bersama dengan bunga persik. Pada hari ini disajikan makanan kecil yang disebut arare yang dibuat dari beras dan minuman amasake, minuman dari beras yang difermentasi tapi tidak beralkohol.
  • Sebelum dan Sesudah Tanggal 20 --> Haru No Higan ("Higan" di musim Semi atau Vernal Equinox day)
    “Higan” tiap tahun berbeda tapi umumnya terdiri dari 7 hari, 3 hari sebelum dan 3 hari sesudah “Shunbun no hi” dan saat “Shunbun no hi” itu sendiri yaitu tanggal 20 atau 21 Maret (Hari ketika siang dan malam sama lamanya, tatkala matahari pas melintasi ekuator).
    “Higan” adalah kata yang diambil dari agama Budha yang berarti sisi sungai yang diseberangi oleh orang yang meninggal.
    “Higan” dikatakan adalah hari terhubungnya dunia tempat tinggal leluhur dan dunia tempat tinggal orang yang masih hidup.
    “Higan” di musim semi dikatakan adalah hari untuk menyayangi makhluk hidup dan menghormati alam.
ANTARA MARET-APRIL
  • Hanami
    “Hanami” adalah kebiasaan menyenangkan menanti datangnya musim semi. Yaitu dengan keluar ke taman atau tempat terbuka lain bersama keluarga, teman kerja, teman lalu minum alkohol dibawah pohon sakura.
    Sambil bernyanyi dan melakukan kegiatan lain sembari menikmati bunga sakura yang telah mekar penuh.
APRIL
  • Tanggal 29 --> Green Day (Hari Hijau)
    Hari libur nasional ini mendorong rakyat untuk menikmati dan menghormati alam. Hingga tahun 1988 hari ini dirayakan sebagai hari ulang tahun Kaisar Showa, yang suka menanam pepohonan.
MEI
  • Tanggal 3 --> Hari Konstitusi
    Rakyat memperingati berlakunya Konstitusi Jepang dan mengharapkan majunya pembangunan negara.
  • Tanggal 5 --> Kodomo No Hi (Hari Anak- Anak)
    Nama tradisional untuk hari ini adalah Tanggo no Sekku dan di masa lampau, pada hari ini orang-orang melakukan acara pengusiran roh-roh jahat dengan bunga iris. Belakangan, hari ini menjadi hari untuk mendoakan pertumbuhan anak laki-laki, yang kemudian menjadi hari raya bagi semua anak. Tetapi bagi rumah yang memiliki anak laku-laki, mereka akan memajang boneka samurai atau replika baju perang dengan topi kabuto dan memasang umbul-umbul ikan koi (Koinobori). Ikan Koi adalah ikan yang dapat berenang melawan arus deras, karena itu diharapkan anak laki-laki tersebut menjadi anak yang kuat, percaya diri dan sukses.
  • Hari Minggu ke-dua --> Hari Ibu
    Hari menyatakan rasa terima kasih kepada para ibu, umumnya ditandai dengan memberikan bunga Carnation
JUNI
  • Hari Minggu ke-tiga --> Hari Ayah
    Hari menyatakan rasa terima kasih kepada para ayah.
JULI
  • Tanggal 7 --> Tanabata (Festival Bintang)
    Festival ini mencampur sebuah legenda Cina dengan kepercayaan kuno Jepang mengenai dua buah bintang yang terletak di kedua ujung Bimasakti yaitu Bintang Altair (si Pengembala) dan Bintang Vega (si Penenun). Mereka dihukum oleh Raja Dewa karena terlalu banyak bermain sehingga hanya dapat bertemu satu tahun sekali yaitu pada 7 Juli.
    Orang-orang menuliskan keinginan pada sebuah kertas warna dan menggantungkannya di pohon bambu. Harapan mereka dipercaya akan terkabul apabila pada hari itu hujan tidak turun.
  • Senin ke-tiga --> Hari Laut
    Hari untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas anugerah laut serta harapan akan kemakmuran Jepang yang merupakan sebuah negeri laut.
  • Kira- kira 20 Juli --> Doyou No Ushi No Hi
    Dikatakan “Doyou no ushi no hi) adalah hari terpanas dalam satu tahun. Untuk mengatasi panasnya hari itu ada kebiasaan makan “Usagi no Kabayaki” (belut bakar dengan saus asam manis).
AGUSTUS
  • Pertengahan Agustus --> Obon (Festival 'Bon')
    Sebuah event Budhis yang diadakan pada tanggal 13-15 Juli atau dalam bulan Agustus (tergantung daerah). Festival ini dipersembahkan bagi arwah para leluhur. Dipercaya bahwa pada hari-hari ini arwah mereka akan pulang ke rumah. Untuk itu mereka akan memasang penerangan dan api selamat datang di pintu depan rumah untuk mengarahkan arwah-arwah tersebut ke rumah, memasang lentera di dalam, membersihkan altar rumah, menyediakan sajian dan berdoa bagi ketenangan arwah para leluhur.
    Pada akhir Festival, sekali lagi orang-orang akan memasang penerangan di pintu terdepan rumah sebagai pengantar arwah leluhur keluar dari rumah dan mengapungkan sesajen di sungai atau laut untuk menemani mereka pulang ke alam sana.
SEPTEMBER
  • Senin ke-tiga --> Hari untuk menghormati Kaum Manula
    Hari untuk mengungkapkan rasa hormat kepada orang-orang yang berusia lanjut, yang telah bekerja keras bagi masyarakat selama bertahun-tahun, dan merayakan panjang usianya.
  • Pertengahan September --> Otsukimi (Hari menikmati Sinar Rembulan)
    Kue mochi dan rumput susuki diletakkan dekat jendela sebagai 'persembahan' bagi rembulan, dan orang menikmati saat-saat memandangi keindahan bulan purnama.
  • Sebelum dan Sesudah tanggal 23 --> Aki No Higan ('Higan' di musim Gugur/ Autumnal Equinox Day)
    “Higan” tiap tahun berbeda, tapi umumnya terdiri dari 7 hari, 3 hari sebelum dan sesudah “Shuubun no hi” serta saat “Shuubun no hi” itu sendiri yaitu kira-kira 23 September (Hari ketika siang dan malam sama lamanya, ketika matahari tepat melintasi garis khatulistiwa).
    “Higan” di musim gugur dikatakan sebagai hari untuk menghormati leluhur, Orang mengungkapkan rasa hormat kepada arwah para leluhur dan mengingat kembali mereka yang telah meninggal dunia.
OKTOBER
  • Senin ke-dua --> Hari Olahraga
    Rakyat menikmati olahraga dan membina pikiran dan tubuh yang sehat.
NOVEMBER
  • Tanggal 3 --> Hari Kebudayaan
    Rakyat menunjukkan rasa cinta terhadap kebebasan dan perdamaian dan melibatkan diri dalam berbagai kegiatan kebudayaan.
  • Tanggal 15 --> Shichi Go San (Festival 7-5-3)
    Pada hari ini para orang tua yang mempunyai anak-anak laki-laki berusia 3 atau 5 tahun atau anak perempuan yang berusia 3 atau 7 tahun akan membawa mereka ke Jinja (Kuil agama Shinto) untuk mendoakan kesehatan dan pertumbuhan mereka. Usia 3, 5 dan 7 dipilih karena dipercaya sebagai angka ganjil yang membawa keberuntungan. Anak-anak tersebut juga akan mendapat permen khusus yang disebut chitose ame, yang dimasukkan dalam kantong bergambar bangau dan kura-kura. Chitose berarti seribu tahun dan bangau serta kura-kura juga merupakan lambang panjang umur.
  • Tanggal 23 --> Labour's Day (Hari Pekerja)
    Hari untuk menghormati para pekerja, merayakan produksi, dan saling mengungkapkan rasa terima kasih.
DESEMBER
  • Tanggal 23 --> Hari Ulang Tahun Kaisar
    Rakyat merayakan ulang tahun Kaisar Akihito.
  • Tanggal 25 --> Hari Natal
    Banyak orang mengikuti kebiasaan melakukan tukar-menukar hadiah dengan anggota keluarga dan rekan dan menikmati makan khusus bersama pada hari ini.
  • Tanggal 31 --> Oomisoka (Malam Tahun Baru)


Menjelang tengah malam, kuil-kuil di seluruh Jepang akan mulai mendentangkan loncengnya. Menurut kepercayaan Budhis, manusia mempunyai 108 nafsu duniawi. Berdentangnya lonceng sebanyak 108 kali merupakan salah satu cara untuk mengusir (membersihkan) satu-persatu nafsu-nafsu demikian.
Selain itu ada kebiasaan memakan soba (semacam mie) pada malam Tahun Baru sebagai perlambang harapan akan panjang umur dan kesehatan yang baik di tahun yang baru. Mie merupakan pilihan karena bentunya panjang dan dapat direntangkan; dipercaya melambangkan hidup yang lama dan bahagia.


Nah setelah ini, segera jadwalkan travelling ke Jepang, sesuaikan dengan hari- hari besar yang pengen kalian saksikan langsung, pasti deh asyik banget...
Enjoy your holiday..^_^