Sabtu, 17 September 2011

KONSTIPASI alias SUSAH BAB

Tema ini aq angkat karena terinspirasi dari sepupuku yang ga' bisa BAB sekitar 1 minggu ini..
pasti rasanya ga' enak banget tuh..perut jadi membuncit karena tumpukan kotoran dalam usus besar yang ga' bisa dikeluarin..kasian ya..mudah2an penjelasan berikut bisa jadi info yang sangat berguna buat teman2 yang mengalami susah BAB atau bahasa kerennya KONSTIPASI..Ceki Dot yeeeee..^_^

Frekwensi normal buang air besar setiap orang berbeda satu sama lain, mungkin antara tiga kali sehari sampai sekali setiap tiga hari. Orang yang Susah buang air besar disebut menderita Konstipasi yaitu keadaan dimana kotoran atau faeces mengalami pengerasan sehingga sulit dibuang. Bisa juga pada saat buang air besar terasa sakit sekali. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan konstipasi diantaranya adalah perubahan pola makan, akibat efek samping obat obatan, hormonal atau akibat adanya kelainan anatomis pada saluran pencernaan.

Adapun gejala dari susah buang air besar tersebut adalah :
1. Terhambatnya buang air besar di luar kebiasaan yang normal.
2. Kesulitan buang air besar, yang ditandai dengan harus mengejan.
3. Bentuk feses kecil, kering dan keras.
4. Perut kembung dan berasa tidak enak.
5. Banyak gas terkumpul di usus dan sering kentut.
6. Diare yang sangat cair (karena hanya cairan yang bisa melewati hambatan kotoran yang keras).

Menurut Ketua Kelompok Kerja Probiotik dari Perkumpulan Gastroenterologi Indonesia, dr Herry Djagat Purnomo, SpPD-KGEH, konsumsi serat sangat rendah, kurang aktivitas, dan lebih banyak konsumsi makanan berpengawet dan mengandung zat aditif. Ini yang menyebabkan sembelit.
Intinya ada beberapa penyebab yang membuat kita sulit B.A.B. :
  1. Semua yang membuat air yang ada di kotoran / tinja berkurang. Seperti kurang minum air, kurang makanan berserat (yang dapat menahan air didalam tinja), saat B.A.B. ditahan, atau dalam keadaan dehidrasi, kurangnya pergerakan tubuh (posisi duduk yang lama) dapat mengurangi pergerakan usus.
  2. Semua yang menyebabkan gerak otot usus jadi abnormal. Seperti pengaruh obat-obatan, penyakit, dan lain-lain.
Data 2.397 pasien yang menjalani pemeriksaan kolonoskopi tahun 1998-2005 di RSCM menunjukkan, sembilan persen di antaranya memiliki masalah sembelit. Penelitian Dr Saptawati Bardosono dari Bagian Gizi fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu juga menemukan, dari 271 pekerja wanita di Jakarta , 47 persen mengalami sembelit.

Sembelit tidak bisa dianggap remeh. Data di RSCM menyebutkan bahwa dari semua pasien dengan sembelit, 36,4 persen di antaranya menderita wasir atau hemoroid. Sementara delapan persen di antaranya menderita tumor ganas atau kanker usus.

Cara mengatasi susah buang air besar dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
1. Minum 6-8 gelas cairan dan 3-4 kali makanan yang mengandung serat (sayur dan buah-buahan) setiap hari.
2. Memperbanyak aktivitas fisik.
3. Minum obat pencahar (obat ini hanya boleh diminum beberapa hari saja, karena pemakaian jangka panjang akan melemahkan usus dan memperberat konstipasi).
Dalam buku IMMS, edisi 108 ada beberapa obat yang dapat menjadi pilihan. Nama bahan aktif/ API ( Active Pharmaceutical ingredient ) adalah Bisacodyl dan lactulose. Obat ini bisa di beli di apotek terdekat.
Nama dagang atau Branded name®® untuk Bisacodyl adalah Bicolax®, Dulcolax®, Laxacod®, Laxamex®, Stolax®, dll. Sedangkan nama dagang untuk Lactulose adalah Dulcolacto®l, Constipen®, Dulphala®c, Lactulax®, Solac®, dll. (saya ga bermaksud dagang atau iklan obat tapi hanya ingin menambahkan informasi).
Jika tidak ingin menggunakan bahan aktif dapat menggunakan bahan lain. Ada obat yang kandungannya berisi Psyllium hydrophillic mucilloid, branded name nya Mulax®.  Mulax® bersifat seperti mucilago yang berfungsi sebagai pengembang.
Ada juga Laxadine® yang kandungan di dalamnya berisi phenolphthalein, liquid parafin, glycerin. Gunanya sebagai pelincir sehingga defekasi tidak menjadi sakit.
Selain bentuk sediaan tablet dan  sirup, ada juga yang cara penggunaannya pake rectal applicator. Nama produknya Microlac®  yang kandungan didalamnya berisi natrium lauryl sulfoacetate, natrium citrate, sorbitol, PEG, sorbic acid. Kalo obat ini tidak di minum tapi di masukkan lewat dubur/ rectal.
4. Rajin mengonsumsi makanan yang mengandung Probiotik.
    Probiotik merupakan organisme hidup yang jika digunakan dalam jumlah yang sesuai dapat memberi efek    baik pada kesehatan organisme baik yang hidup di dalam tubuh. Fungsi probiotik bermacam-macam. Ada yang membantu menyerap nutrisi, memproduksi vitamin dan pada sistem pencernaan, probiotik membantu melawan pertumbuhan bakteri jahat dan berperan dalam ekosistem usus.
5.  Atau Anda juga bisa mencoba cara mengobati susah buang air besar secara alami, yakni dengan cara :
* Ambilah satu sendok teh kopi, beri gula secukupnya, tambahi sedikit garam, lalu seduh dengan air mendidih dan minum hangat-hangat kuku. Lakukanlah dua kali sehari pagi dan sore. Mudah-mudahan akan melancarkan masalah susah buang air besar Anda.

6. Bila kelima tindakan di atas gagal, konstipasi menetap atau tidak wajar, Anda sebaiknya periksa ke dokter

Jadi gimana teman2..sudah tau caranya mengantisipasi susah BAB kan?
mudah2an qta ga' kena KONSTIPASI..asal qta selalu makan makanan sehat dan berserat juga banyak2 minum air putih...^_^

OK..sampai jumpa lagi di artikel berikutnya..





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar