Kamis, 29 September 2011

Journey ke Kota Batik..PEKALONGAN

Ehm..Ehm..ini pertama kalinya aq nulis soal pengalamanq..
permintaan dari seorang teman..
tapi gimana mulainya yaaa????


Perjalanan ke Pekalongan emang dah aq rencanain dari sebelum lebaran..
untuk mengisi waktu luangq setelah jadi pengangguran (per tanggal 7 Sept resign dari perusahaan tempat aq kerja 3 tahun belakangan ini)..


Akhirnya resmilah aq jadi pengangguran..dan perjalanan ke Pekalongan mulai dijadwalkan..
Aq kasih kabar temanq yang tinggal di Pekalongan klo aq mau sowan kesana, semula dijadwalkan tgl 15 Sept berangkat, tapi berhubung posisi tgl 14 Sept aq masih di rumah tanteq di Mojosari, jadi keberangkatan ke Pekalongan ditunda deh..


Setelah kembali ke rumah lagi, aq mulai mutusin kapan berangkat ke Kota Batik Pekalongan..akhirnya tgl 20 Sept diputuskan berangkat..


19 Sept malam smua perlengkapan aq siapin..cukup 1 ransel (1 jeans, 2 kaos, 2 jilbab, 1 psg piyama, 1 handuk, 2 psg underwear), itu untuk keperluan sandangnya, untuk cemilan di perjalanan cukup 1 botol Pocari Sweat ukuran sedang + 1 bungkus Sari Roti..pastinya Kamera kesayanganq g boleh ketinggalan + dompet tempat bersarangnya duitq..hehehehehe..


20 Sept jam 06.30 WIB diriq sudah stand by di pintu keluar bis terminal Bungurasih, tinggal nunggu bis yg dibutuhkan muncul..Bis muncul jam 07.00 WIB, lumayan nunggu setengah jam sambil berdiri..hehehehe


Untuk ke Pekalongan sebenarnya ada beberapa alternatif alat transportasi umum, yaitu :
1. Kereta Api, biasanya naik yang jurusan ke Jakarta, tinggal pilih mau kelas Ekonomi dg biaya tiket Rp.30.000 atau Bisnis dan Eksekutif yang biaya tiketnya diatas Rp.60.000
2. Bis Eksekutif jurusan Jakarta atau Bandung, biasanya tiket dibeli di agen yg ada di terminal, dg biaya berkisar di Rp.150.000-Rp.180.000
3. Bis Patas jurusan Semarang, biaya tiketnya berkisar di Rp.65.000-Rp.80.000, qta transit di Terminal Terboyo Semarang, lanjut naik bis jurusan Tegal-Cirebon-Bandung (tinggal pilih mau yang biasa dg biaya Rp.20.000 atau AC dg biaya lebih mahal)
4. Bis biasa jurusan Semarang, biaya tiketnya Rp. 40.000, dan selanjutnya sama seperti poin 3


Berhubung perjalananq ini perjalanan murah, jadi aq pilih Bis biasa jurusan Semarang dari Bungurasih, cuma keluar duit Rp.40.000, tapi pasti pada heran padahal kereta ekonomi lebih murah..hehehehe ada alasannya tuh..karenaaaaaa aq kapok naik kereta ekonomi..wkwkwkwkwkwk
Di bis pasti aq tidur..enak sih..juga bisa menghemat uang biar ga jajan + menghindari obrolan sama orang2 yg tidak dikenal..Bangun tidur pasti lapar dan haus, tinggal ambil perbekalan yg udah disiapin dr rumah kan?..Kenyang ya tidur lagi..hehehehehe


Perjalanan lewat PANTURA sangat menyebalkan, panaaaasssss bangeeettttt..lebih enak lewat SELATAN..tapi emang Pekalongan ada di utara jadi ya kudu lewat PANTURA..kelebihan Pantura cuma satu, bisa lihat pemandangan pantai yang biruuuuuuuu..kekurangannya selain panas, amiiiiiissss, bau ikan dimana2..


Sampai di Terminal Terboyo Semarang jam 14.10 WIB, pas 7 jam perjalanan, lumayan melelahkan..
Cari kamar mandi + musholla, setelah buang hajat + menunaikan kewajiban menghadap Sang Kholik, perjalanan dilanjutkan, jam 14.45 WIB tinggal 1 bis terakhir jurusan Tegal-Cirebon-Bandung, untung aja aq belum ketinggalan..hehehehe
Perjalanan dimulai jam 15.00 WIB, lama banget buat sampai ke Pekalongan, aq pikir cuma 2-3 jam sampai, tapi ternyata baru sekitar jam 18.30 WIB aq sampai di luar Terminal Pekalongan, fiuh capek deh..hehehehe
Nasi Megono + Lauknya
Aq calling temenq buat jemput, tunggu 15 menit jemputan datang deh, dah ga sabar buat mandi nih, lengket smua rasanya..Sebelum diantar ke rumahnya, aq diajak makan malam dulu di warung langganan temenq itu, menunya NASI MEGONO..hmmmmm makanan khas Pekalongan nich..Nasi sekepal dikasih topping sayur nangka muda yang dicacah kecil2 dan dibumbu pedas, satu bungkusnya Rp. 1.000, untuk lauknya ada banyak pilihan, tempe goreng tepung, sate telur puyuh, brengkes pindang, teri, dll..Waktu aq lihat ukuran bungkusannya yang mini, aq pikir bisa menghabiskan sampe' 4 bungkus, tapi ternyata 2 bungkus aja dah bikin kenyang..hehehehe
Perut kenyang, qta meluncur ke rumah, mandi trus menunaikan kewajiban menghadap sang Pencipta, nonton TV sm kluarga temenq sampe' jam 21.00 WIB, setelah itu ngrumpi sama temenq sampe' jam 00.00 WIB..hahahahaha, melepas kangen setelah 13 tahun ga' ketemu..


21 Sept, waktunya berpetualang..sowan ke rumahnya temenq yang lain di Comal, Pemalang..tujuannya cuma silaturrahim + melepas rindu..hehehehe
Temenq ini ternyata dah punya 2 anak, cowok smua, si Sulung namanya Abdan, narsisnya minta ampun, lihat kameraq langsung mintanya difoto terus, si Bungsu namanya Yusuf (Abdan yang kasih tau) masih umur 2 bulan jadi kerjanya tidur terus..Aq suka jepret2, dpt objek Abdan yang narsis, seneng banget nih, obrolan cewek2 aq tinggal, fokusq cuma jepret Abdan..hehehehehe...
Abdan Narsis
Setelah puas jepret2..sudah ada menu Lunch yang siap dilahap sampe' habis..Sayur Bayam, Tempe Goreng, Oseng2 Teri..wuih mantabs nih..
Alhasil perutq kenyaaaaaannnnggg..
Kangen2an udah, perut kenyang, ya pamit pulang..pake metode S M P (Sudah Makan Pamit)..hehehehehe
Kembali ke rumah buat tidur siang..rencananya sorenya mau ke Pantai, tapi ternyata qta ketiduran sampe' jam 17.00 WIB..ckckckckckckck
Pengganti batal ke Pantai, ba'da Isya' aq diajak tour Kota Pekalongan di malam hari..hmmmm ok juga nih..
Ok deh yuk berangkaaattttt...
Ada beberapa tempat hang out di Pekalongan waktu malam :
1. Lapangan Mataram - Lapangan yang ada di depan komplek kantor pemerintahan Kab/Kota Pekalongan, ada PKL (pedagang kaki lima) yang stand by di sekeliling lapangan, ada odong2 yang siap membawa penumpang keliling lapangan dan komplek kantor pemerintahan, juga kadang2 ada andong yang stand by
Alun- Alun
2. Alun-Alun - Nie dia surganya orang2 yang suka banget makanan berbahan dasar kambing, sapi, kerbau..dari ujung ke ujung berjejer warung makan dengan menu soto, sate, gulai dg bahan dasar daging2 itu..Diseblah kanan alun2 ada Matahari dan Hypermart, jadi bisa nyambi shopping juga, klo mau murah di alun2 juga stand by para pedagang dengan aneka barang..silahkan dipilih..Di sebrang belakang alun2 ada Masjid Agung..bangunannya megah..
3. Pasar Tiban - Pasar dadakan di pinggir jalan, bisa pindah tempat sewaktu-waktu..modelnya kayak pasar malam gitu..ada yang jual baju, aksesori, peralatan dapur, mainan, dll
Pasar Tiban
4. Di sepanjang jalan Sultan Agung berjejer warung2, tersedia untuk orang2 yang suka wisata kuliner, banyak pilihan untuk memuaskan rasa lapar..hehehehe...


Nah itu tadi ulasan tempat kongkow2 waktu malam di Kota Pekalongan, setelah capek keliling kota, ya pulang trus tidurrrrrrrr..hehehehehe..kan besoknya mau ke Museum Batik..


22 Sept, waktunya wisata batik..dah ga sabar nich..
Jam 10.00 WIB, qta meluncur ke Museum Batik..
Motor sudah diparkir, mau masuk, eh ditahan sama pegawainya, ternyata Museum ditutup sampe' tgl 06 Okt untuk persiapan Hari Batik Nasional, yah kesempatanq hilang deh..hiks hiks hiks..
Meskipun gagal, tetep harus foto2..hahahahaha
O iya di sebelah Museum Batik, berdiri dengan gagahnya Masjid Karasidenan Pekalongan dengan kubah warna emasnya..kereeennn
Setelah itu qta langsung meluncur ke Pusat Grosir Batik Setono..wuah bingung banget mau beli baju batik yang model apa di situ..habisnya banyak bangeeeettt yang bagus2 plus model terbaru..harganya lumayan terjangkau..hehehehehe..siap2 mborong dueeehhhh..
Museum Batik
Capek belanja, makan siang dulu dengan menu khas Pekalongan Soto Kebo Tauco..mmh yummy, setelah itu qta pulang untuk istirahat, coz sorenya mau mengunjungi pantai yang kemarin sempat tertunda karena ketiduran..hehehehe


Jam 16.30 WIB, meluncurrr ke Pantai Sigandu, Kab. Batang, posisinya sebelum Kota Pekalongan, perjalanan sekitar setengah jam, sebenernya di Pekalongan ada pantai, cuma karena abrasi pantainya jadi ga asyik lagi buat dikunjungi..


Pantai Sigandu jenis pantai nelayan, bukan pantai khusus untuk rekreasi, jadi sepanjang jalan menuju pantai bau amis ikan..


Pantai Sigandu buka sampai malam, harga tiket masuknya Rp.2.000 per orang, di lokasi pantai juga ada pertunjukan atraksi lumba-lumba, tiket masuknya Rp. 20.000 per orang..
Soto Kebo Tauco
Meskipun Pantai Sigandu ga' seindah Pantai Kuta - Bali, tapi tetep aja aroma air laut dan suara deburan ombak khas pantai bikin aq ga bisa benci pantai..hehehehehe
Sayang banget sore itu mendung, jadi aq ga bisa lihat pemandangan sunset yang indah..
Akhirnya hasratq mengunjungi pantai terpenuhi..hehehehe..
Adzan Maghrib berkumandang, waktunya balik kandang, istirahat..soalnya besok waktunya balik ke Kota Metropolis Surabaya..


Nice Journey..
bakalan balik lagi nich ke Pekalongan..as soon as possible..^_^


Pantai Sigandu
Masjid Karasidenan Pekalongan










Masjid Agung Pekalongan













































































LCD Text Generator at TextSpace.net

2 komentar:

  1. Keren tulisane, budhe!!
    Detiiill bgttt smp urusan underwear disebutno jg.
    Nek travelling maneh dicatat detil-e yo bude, trs di post nang blog, ben dadi info yg berguna bagi backpacker lainnya.
    Ok duehh

    BalasHapus
  2. wkwkwkwkwkwk..suwuuuuunnn...

    BalasHapus